Selasa, 06 November 2012

hernia difragmatika


KATA PENGANTAR

Puji dan syukur saya panjatkan kehadirat Allah yang maha kuasa sehinggaatas rahmat dan hidayah-Nya saya dapat menyelesaikan tulisan ini.Tulisan ini membahas tentang kelainan kongenital yang akan mengganggu pergerakan diafragma pada saat respirasi dari manifestasi klinis, pemeriksaan penunjang dan penatalaksanaannya.Saya merasa tulisan ini masih jauh dari sempurna dan masih banyak kekurangannya, untuk itu kritikan maupun saran yang sifatnya membangun sangatdiharapkan.Akhir kata semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi semua.













Bekasi , Oktober 2012   



Penulis                                



BAB 1
PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang

Hernia Diafragmatika adalah penonjolan organ intra abdomen ke dalam rongga kavum pleura melalui suatu lubang pada diafragma. Salah satu penyebab terjadinya hernia diafragma adalah trauma pada abdomen, baik trauma penetrasi maupun trauma tumpul, baik pada anak-anak maupun orang dewasa. Mekanisme dari cedera dapat berupa cedera penetrasi langsung  pada diafragma atau yang paling sering akibat trauma tumpul abdomen. Pada trauma tumpul abdomen, penyebab paling sering adalah akibat kecelakaan sepeda motor. Hal ini menyebabkan terjadi penigkatan tekanan intraabdominal yang dilanjutkan dengan adanya rupture pada otot-otot diafragma. Pada trauma penetrasi paling sering disebabkan oleh luka tembak senjata api dan luka tusuk senjata tajam. Secara anatomi serat otot yang terletak lebih medial dan lateral diafragma posterior  yang berasal dari arkus lumboskral dan vertebrocostal adalah tempat yang paling lemah dan mudah terjadi ruptur.
            Organ abdomen yang dapat mengalami herniasi antara lain gaster, omentum, usus halus, kolon, lien dan hepar. Juga dapat terjadi hernia inkarserata maupun strangulasi dari usus yang mengalami herniasi ke rongga thorak ini. Namu pada bayi lahir penyebab adalah kemungkinan Akibat penonjolan viscera abdomen ke dalam rongga thorax melalui suatu pintu pada diafragma. Terjadi bersamaan dengan pembentukan sistem organ dalam rahim.
Diafragma adalah otot inspirasi utama. Sewaktu diafragma berkontraksi, ia bergerak ke kaudal. Dengan menurunnya diafragma, vicera abdomen terdorong kekaudal pula. Akibatnya ialah bahwa volume cavitas thoracalis dan terjadi penurunan tekanan intra thoracal, sehingga udara tersedot ke dalam paru. Selainitu, volume cavitas abdominalis sedikit berkurang dan tekanan intraabdominalagak meningkat.
Diafragma dibentuk dari 3 unsur yaitu membran pleuroperitonei, septumtransversum dan pertumbuhan dari tepi yang berasal dari otot-otot dinding dada.Gangguan pembentukan itu dapat berupa kegagalan pembentukan sebagiandiafragma, gangguan fusi ketiga unsur dan gangguan pembentukan otot. Padagangguan pembentukan dan fusi akan terjadi lubang hernia, sedangkan padagangguan pembentukan otot akan menyebabkan diafragma tipis dan menimbulkaneventerasi.
Insiden pada neonatus tercatat 1 : 2000 – 5000, pada dewasa dilaporkaninsidensi bervariasi antara 0,17% yang dilaporkan oleh mullens dkk sampaisetinggi 6% yang dilaporkan oleh Gale. Hal ini didapatdari penelitian retrospektif dari pemeriksaan CT Scan yang dilakukan untuk berbagai tujuan. HerniaBockdalek paling banyak dijumpai pada bayi dan anak-anak. Pada dewasa sangat jarang (sekitar 10% dari semua kasus) dan sering terjadi misdiagnosis dengan pleuritis atau tuberkulosis paru. Kadang-kadang pada anak yang lebih besar jugasering diduga sebagai staphylococcal pneumonia
BAB 2
TINJAUAN PUSTAKA

1 Definisi
http://htmlimg4.scribdassets.com/6opijztmio14w2xy/images/3-d023295d4c.jpgHernia Diafragmatika adalah penonjolan organ perut ke dalam rongga dada melalui suatu lubang pada diafragma. Diafragma adalah sekat yangmembatasi rongga dada dan rongga perut





Lubang hernia dapat terjadi di peritoneal (tipe Bochdalek) yang tersering ditemukan, anterolateral (tipe Morgagni) atau di esofageal hiatus hernia.Foramen bochdalek merupakan celah sepanjang 2-3 cm di posterior diafragma setinggi costa 10 dan 11, tepat di atas glandula adrenal. Kadang-kadangd efek ini meluas dari lateral dinding dada sampai ke hiatus esophagus. Kanalis pleuroparietalis ini secara normal tertutup oleh membran pleuroparietal pada kehamilan minggu ke-8 sampai ke-10. Kegagalan penutupan kanalis ini dapatmenimbulkan terjadinya hernia Bochdalek. Hernia ini merupakan kelainan yang jarang terjadi. Mc Culley adalah orang pertama yang mendeskripsikan kelainanini pada tahun 1754. Bochdalek pada 1848 menggambarkan secara detil aspek embriologi pada hernia ini yang merupakan defek tersering (80%).
2.2 Etiologi
http://htmlimg4.scribdassets.com/6opijztmio14w2xy/images/5-21a5269ca0.jpgPenyabab pasti hernia masih belum diketahui. Hal ini sering dihubungkan dengan penggunaan thalidomide, quinine, nitrofenide, antiepileptik, ataudefisiensi vitamin A selama kehamilan.Pada neonatus hernia ini disebabkan oleh gangguan pembentukan diafragma. Seperti diketahui diafragma dibentuk dari 3 unsur yaitu membran pleuroperitonei, septum transversum dan pertumbuhan dari tepi yang berasal dariotot-otot dinding dada. Gangguan pembentukan itu dapat berupa kegagalan pembentukan sebagian diafragma, gangguan fusi ketiga unsur dan gangguan pembentukan otot. Pada gangguan pembentukan dan fusi akan terjadi lubang hernia, sedangkan pada gangguan pembentukan otot akan menyebabkan diafragma tipis dan menimbulkan eventerasi.
2.3 Manifestasi klinik
Walaupun hernia morgagni merupakan kelainan kongenital, hernia ini jarang bergejala sebelum usia dewasa. Sebaliknya hernia Bockdalek menyebabkan gangguan nafas segera setelah lahir sehingga memerlukan pembedahan darurat. Anak sesak terutama kalau tidur datar, dada tampak menonjol, tetapi gerakan nafas tidak nyata. Perut kempis dan menunjukkkan gambaran scapoid. Pulsasi apek jantung bergeser sehingga kadang-kadang terletak d hemithoraks kanan. Bila anak didudukan dan diberi oksigen, maka sianosis akan berkurang.Lambung, usus dan bahkan hati dan limpa menonjol melalui hernia. Jika hernianya besar, biasanya paru-paru pada sisi hernia tidak berkembang secara sempurna.Setelah lahir, bayi akan menangis dan bernafas sehingga usus segeraterisi oleh udara. Terbentuk massa yang mendorong jantung sehingga menekan paru-paru dan terjadilah sindroma gawat pernafasan.
Gejalanya berupa:- Gangguan pernafasan yang berat.- Sianosis (warna kulit kebiruan akibat kekurangan oksigen).- Takipneu (laju pernafasan yang cepat).- Bentuk dinding dada kiri dan kanan tidak sama (asimetris).- Takikardia (denyut jantung yang cepat).Secara klinis hernia diafragmatika akan menyebabkan gangguan kardiopulmoner karena terjadi penekanan paru dan terdorongnya mediastinum kearah kontralateral. Pemeriksaan fisik didapatikan gerakan pernafasan yang tertinggal, perkusi pekak, fremitus menghilang, suara pernafasan menghilang dan mungkin terdengar bising usus pada hemitoraks yang mengalami gangguan.Kesulitan untuk menegakkan diagnosis hernia diafragma preoperative menyebabkan sering terjadinya kesalahan diagnosis dan untuk itu diperlukan pemeriksaan penunjang untuk memastikan diagnosis hernia diafragmatika.
2.4 Pemeriksaan Penunjang
http://htmlimg2.scribdassets.com/6opijztmio14w2xy/images/7-3615165ed6.jpgDiagnosis ditegakkan berdasarkan gejala dan hasil pemeriksaan fisik,yaitu:- Gerakan dada pada saat bernafas tidak simetris.- tidak terdengar suara pernafasan pada sisi hernia.- bising usus terdengar di dada.- perut teraba kosong.- Rontgen dada menunjukkan adanya organ perut di rongga dada


Gambar Anteroposterior (AP) pada pasien dengan Hernia diafragmatika congenital menunjukkan herniasi di hemithirax kiri.






Foto Thoraks akan memperlihatkan adanya bayangan usus didaerahthoraks. Kadang-kadang diperlukan fluoroskopi untuk membedakan antara paralisis diafragmatika dengan eventerasi. Bila perlu dapat pula dilakukan untuk membuktikan apakah kelainan itu eventerasi atau hernia biasa.

2.5 Penatalaksanaan
Anak ditidurkan dalam posisi duduk dan dipasang pipa nasogastrik yang dengan teratur dihisap. Diberikan antibiotika profilaksis dan selanjutnya anak 7 dipersiapkan untuk operasi. Hendaknya perlu diingat bahwa biasanya (70%) kasus ini disertai dengan hipospadia paru.Pembedahan elektif perlu untuk mencegah penyulit. Tindakan darurat juga perlu jika dijumpai insufisiensi jantung paru pada neonatus. Reposisi hernia dan penutupan defek memberi hasil baik.8
                                                                                                                  



















BAB 3
PENUTUP

3.1.Kesimpulan
Telah dibahas mengenai hernia diafragmatika pada neonatus.Untuk menegakkan diagnosis hernia diafragmatika, diperlukan adanyagambaran klinis yang sesuai serta diperlukan pemeriksaan penunjang yaituFoto Thorax.
Sampai saat ini etiologi pasti belum diketahui. Pada herniaBockdalek sering ditandai gejala namun pada hernia Morgagni biasanyaasimtomatis. Penatalaksanaan dengan tindakan operasi dan perlu diingat bahwa biasanya 70% kasus disertai dengan hipospadia paru.9




















DAFTAR PUSTAKA

Anggraini, DG 2005.Anatomi dan Aspek Klinis Diafragma Thorax, USU Press,Medan.
Anonima 2010, Hernia Diafragmatika, Bedah UGM, diakses 3 Januari 2011, http://www.bedahugm.net/hernia-diafragmatika/
Fahmi 2010, Hernia Diafragmatika, UM Community, diakses tanggan 4 Januari2011, < community.um.ac.id%2Fshowthread.php%3F57464-Hernia-Diafragmatika&rct=j&q=hernia diafragma&ei=crghTfi-AoHmrAf9mbjOCw&usg=AFQjCNEiyRbTxm6lqVk6Ee6tcod2e7iZtQ&sig2=-Y37yrH60yOLgkhgIhx21Q&cad=rja >
Staf Pengajar Ilmu Kesehatan Anak Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia1998.Buku Kuliah 1 Ilmu kesehatan Anak , Infomedika, Jakarta10.Hernia Diafragmatika,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar