Kamis, 12 Juli 2012

Istilah-istilah dalam Epidemiologi


a.  Pandemi  adalah epidemi penyakit menular yang menyebar melalui populasi manusia di kawasan yang luas, misalnya benua, atau bahkan di seluruh dunia.
b.  Epidemi adalah Timbulnya suatu penyakit yang menimpa sekelompok masyarakat atau suatu wilayah dengan angka kejadian yang melebihi angka normal dari kejadian penyakit tersebut.
c.   Endemi adalah suatu keadaan dimana suatu masalah kesehatan ( umumnya penyakit ) yang frekwensinya pada suatu wilayah tertentu menetap dalam waktu yang lama.
d.  Sporadik Adalah : suatu keadaan dimana suatu masalah kesehatan ( umumnya penyakit ) yang ada di suatu wilayah tertentu frekwensinya berubah–ubah menurut perubahan waktu
e.   Patogenesis  Adalah mekanisme infeksi dan mekanisme perkembangan penyakit
f.    Virulensi Adalah takaran kemampuan suatu mikroorganisme (virus) untuk menimbulkan penyakit keganasan, kejahatan.
g.  Vektor Adalah hewan (serangga dsb) yg menjadi perantara menularnya (pembawa dan penyebar) penyakit.
h.  Reservoir Adalah Setiap orang, binatang, arthropoda, tumbuh-tumbuhan, tanah atau barang-barang (atau kombinasi dari keduanya) dimana bibit penyakit biasanya hidup dan berkembang biak serta hiduonya sangat tergantung pada inang tempatnya menumpang.
i.     Infektivitas adalah penyebaran virus maksimal dengan tetes-tetes semprotan selama masa prodromal (stadium kataral).
j.    Antigenisitas: kesanggupan organisma untuk merangsang reaksi imunologis dalam penjamu. Beberapa organisma mempunyai antigenisitas Iebih kuat dibanding yang lain. Jika menyerang pada aliran darah (virus measles) akan lebih merangsang immunoresponse dan yang hanya menyerang permukaan membrane (gonococcus).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar